Cara Membuat Bumbu Tongseng Sapi, Olahan Daging Spesial Hari Raya Idul Adha

Berikut ini cara membuat bumbu Tongseng Sapi yang enak. Seluruh umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 pada Selasa, 20 Juli 2021. Tongseng Sapi merupakan salah satu menu spesial saat merayakan Idul Adha.

Untuk membuat Tongseng Sapi, siapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Termasuk bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit dan ketumbar. Pada dasarnya membuat tongseng itu semudah merebus bumbu halus bersama santan lalu masak sampai matang.

Nah, bumbu halus untuk tongseng hanya menggunakan bumbu dasar bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit dan ketumbar. Semuanya dihaluskan jadi satu dan siap diolah. Jika biasanya bumbu halus harus ditumis dulu, namun pada tongseng tidak.

Bumbunya tinggal kita campur dengan santan sedang lalu masak dan rebus bersamaan sampai mendidih. Saat perebusan ini, pastikan menambahkan bumbu aromatik seperti daun salam, serai dan lengkuas yang dimemarkan. Setelah mendidih dan matang, tinggal kita sisihkan.

Setelah kuah gulai siap, tinggal kita tumis bawang merah iris bersama daging sapi potong sampai harum. Nah, untuk tongseng sapi, baiknya menggunakan daging sandung lamur. Daging ini lebih cepat empuk sehingga tidak butuh waktu lama untuk dimasak.

Hindari daging yang berurat seperti sengkel, karena keras dan membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Barulah, setelahnya masuk kuah gulai yang tadi telah dibuat. Jangan lupa, tambahkan juga tomat, cabai iris, dan kol.

Beri rasa seperti garam, gula, dan yang paling penting kecap manis. Nah, setelah semua mendidih, tongseng siap disajikan untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lifestyle

Pengaruh Bauran Pembelian Jersey Persib

Pengaruh Bauran Pembelian jersey Persib. — Berdasarkan Peraturan undang – undang yang berlaku , PT.Liga Indonesia sangat melarang anggota  klub peserta Liga Super Indonesia menggunakan dana daerah yang secara tidak langsung hal tersebut dapat mendorong klub-klub peserta Liga ndonesia dan untuk untuk menambah anggaran setiap club bisa memperoleh pendapatan dari sponsor maupun penjualan jersey. Persib […]

Read More
Lifestyle

Sosiolog UNAIR : Orang Miskin Bukan karena Malas Kerja

Sering dikaitkan orang yang malas bekerja hidupnya akan jadi lebih sulit. Benarkah kemiskininan akibat malas berkerja? Ilmu Sosiologi membagi dua pandangan sebab kemiskinan. Pertama, kemiskinan dianggap bersumber dari hal hal yang berkaitan dengan karakteristik psikologis kultural individu. Contohnya malas atau tidak punya etos wirausaha. Kedua, kemiskinan muncul dari faktor faktor struktural. Seperti kurangnya kesempatan dan […]

Read More
Lifestyle

Keputihan Tidak Normal Jangan Anggap Sepele, Ketahui Penyebab dan Pencegahannya

Permasalahan tersering yang menimpa 75 persen wanita adalah keputihan, demikian data WHO. Keputihan sendiri terdiri dari dua macam, keputihan normal dan tidak normal. Pada keputihan tidak normal, cairan keputihan berwarna puih, kekuningan, kehijauan dan berbau tidak sedap, disertai gejala lainnya seperti perdarahan di luar siklus menstruasi, gatal dan iritasi. Permasalahan lain yang menimpa adalah gatal […]

Read More