Ini Penyebab Hujan Es Landa Kota Bekasi Sore Tadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena hujan es di Kota Bekasi imbas dari periode peralihan cuaca. Koordinator Sub Bidang Peringatan Dini BMKG Agie Wandala mengatakan, hujan es di sejumlah wilayah di Bekasi terjadi Rabu (14/4/2021) antara pukul 14.00 15.00 WIB. "Kami memonitor terjadi hujan es di Bekasi, dan juga hujan lebat di area Jabodetabek siang sore ini. Peringatan dini juga telah disampaikan," kata Agie saat dikonfirmasi.

Agie menjelaskan, hujan es biasa terjadi disertai dengan awan cumulonimbus yang saat ini sering muncul ketika periode peralihan musim. "Perkembangan awan hujan antara pukul 14.00 15.00 WIB terus mengarah ke Bekasi yang ternyata juga disertai dengan adanya hujan es terjadi di sana," tuturnya. Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap fenomena alam tersebut.

Fenomena hujan lebat disertai angin kencang bisa melanda terutama perubahan cuaca pada sore hari. "Radar cuaca BMKG memonitor perkembangan tersebut dan menginformasikan kepada masyarakat agar waspada akan hujan lebat yang terus meluas," ujarnya. Sementara itu, BPBD Kota Bekasi mencatat, hujan es melanda sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Pondokgede, Jatiasih, Pondok Melati dan Jatisampurna.

"Iya hujan es di empat wilayah, butiran es sebesar kelingking," ucap Kepala BPDB Kota Bekasi Agus Harpa. Hujan es, kata dia, berlangsung tidak begitu lama. Selain es, hujan deras juga melanda Kota Bekasi merata siang menjelang sore hari tadi.

"Hujan deras disertai angin kencang, hampir merata kalau hujan dan beberapa titik kami mencatat terjadi pohon tumbang akibat angin kencang," tutur Agus. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kota Bekasi mencatat terdapat 5 pohon tumbang akibat hujan deras. "Setidaknya ada 5 titik pohon yang tumbang saat hujan tadi sore," ucap Kasie Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi Hendra saat dikonfirmasi.

Hendra mengatakan, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi hanya di satu titik lokasi saja, yakni tepatnya di Jalan Wibawa Mukti 2. "Pohon tumbang terjadi hanya di satu titik saja," katanya. BPBD Kota Bekasi juga mencatat 4 kejadian genangan air yang diakibatkan intensitas curah hujan tinggi.

Akibatnya, beberapa wilayah sempat terendam banjir. "Dengan bagi titik banjir yang ada sebanyak 4 titik banjir," kata dia. Titik genangan terpantau terjadi di 3 kecamatan yang juga memgalami fenomena hujan es yakni di Kecamatan Pondok Melati, Kecamatan Jatiasih dan Kecamatan Bekasi Selatan.

• Genangan air yang terjadi di kantor Kelurahan Jatimurni setinggi 40 60 cm. • Genangan air yang terjadi di kelurahan Jatimurni Perumahan Spring Garden setinggi 10 30 cm. • Genangan air yang terjadi di Puri Gading Kelurahan Jatiwarna setinggi 30 cm. • Genangan Air di Perumahan Dosen IKIP Kelurahan Jatikramat naik menjadi setinggi 65 cm. • Genangan Air di Jalan Mandala Kelurahan Jakasetia setinggi 20 40 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metropolitan

UNESCO Nobatkan Jakarta Jadi Kota Sastra, INAYES: Indonesia Harus Bangga

Provinsi DKI Jakarta terpilih sebagai Kota Sastra Dunia. Hal tersebut diumumkan UNESCO melalui laman resminya pada 8 November 2021. Jakarta jadi satu satunya kota di Indonesia yang sejajar dengan 49 kota lain di dunia. Pemilihan Jakarta berdasarkan kategori kota yang punya sejarah panjang dan berpotensi besar dalam peningkatan, pengembangan sastra, dan literasi. Ketua DPP Bidang […]

Read More
Metropolitan

Polisi Wacanakan Ganjil Genap Jakarta akan Kembali Diberlakukan di 25 Ruas Jalan ini

Seiring meningkatnya tingkat kemacetan akibat mobilitas kendaraan yang cenderung meningkat, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempertimbangkan memberlakukan aturan ganjil genap pada 25 titik jalan di kawasan Jakarta. Pemberlakuan ganjil genap 25 titik jalan itu disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Ganjil Genap. Meski begitu, pemberlakuan gage akan dilakukan […]

Read More
Metropolitan

Mobil Ringsek Tertimpa Plang Ruko yang Patah di Kompleks Ruko Saladin, Margonda

Kota Depok dilanda hujan deras disertai angin puting beliung sejak Selasa sore pukul 17.00 WIB. Di Jalan Raya Margonda, sejumlah pohon terpantau tumbang akibat kencangnya angin tersebut. Hujan dan angin puting beliung ini juga menyebabkan atap sejumlah rumah terbang terbawa angin, dan menimbulkan kepanikan. "Panik banget saya lagi kerja tiba tiba mati lampu dan angin […]

Read More