Kandungan yang Harus Ada dalam Sampo Anti Ketombe

Bingung memilih sampo anti ketombe yang mana? Sebelum memilih sampo, penting untuk mengetahui kandungan-kandungan yang ada dalam sampo tersebut. Terlebih untuk mengatasi ketombe, perlu sampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi mengatasi masalah tersebut. Berikut kandungan-kandungan yang harus ada dalam sampo agar bisa efektif mengatasi ketombe.

1. Zinc Pyrithione

Salah satu bahan yang berperan dalam menjaga kesehatan rambut adalah senyawa zinc. Terlebih senyawa zinc pyrithione diketahui dapat mencegah pertumbuhan malassezia, jamur penyebab ketombe. Sampo yang mengandung senyawa ini sangat cocok digunakan bagi orang yang mengalami ketombe diakibatkan oleh jamur.

2. Selenium Sulfida

Selenium sulfida mempunyai peran ganda dalam mengatasi ketombe. Satu sisi dapat menjadi senyawa antijamur pada kulit kelapa dan peran lainnya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit kepala baru. Sampo ini cocok bagi rambut berketombe akibat psoriasis atau dermatitis.

3. Ketonocazole

Sampo anti ketombe yang mengandung senyawa ini diketahui sangat efektif dalam mengatasi jamur penyebab ketombe. Selain itu, senyawa ini dapat mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Sampo ini disarankan digunakan untuk penderita seborrheic dermatitis.

4. Asam Salisilat

Asam salisilat menjadi kandungan yang wajib ada pada sampo untuk rambut berketombe karena manfaatnya yang ampuh dalam mengatasi masalah ini. Asam salisilat ampuh dalam meluruhkan ketombe. Senyawa ini bisa melunakkan kerak ketombe kemudian merontokkan serpihannya secara optimal.

5. Tea Tree Oil

Minyak alami juga diperlukan untuk mengatasi masalah ketombe, salah satunya dengan menggunakan tea tree oil. Minyak ini diketahui sangat bagus dalam melembabkan kulit sehingga mencegah kulit kepala kering.

6. Sulfur

Walau dalam jumlah yang sedikit, namun sulfur perlu ada dalam sampo untuk mengurangi rasa gatal karena ketombe. Terlebih untuk ketombe yang membandel diperlukan senyawa yang lumayan kuat untuk membersihkannya dari kulit kepala.

7. Climbazole

Sama halnya dengan senyawa anti jamur lainnya, senyawa ini ditambahkan untuk mengatasi jamur penyebab ketombe. Namun, climbazole lebih ringan dibandingkan senyawa lainnya sehingga lebih aman digunakan.

Beragam sampo anti ketombe dengan fungsi tersendiri yang beredar di pasaran. Oleh sebab itu, jangan sampai salah memilih produk. Sebaiknya, pilihlah produk sampo sesuai dengan penyebab ketombe Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

Pentingnya Pemberian ASI bagi Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan

Bayi berusia 0-6 bulan mempunyai saluran pencernaan yang masih dalam perkembangan. Maka dari itu, makanan terbaik untuk bayi usia tersebut adalah ASI. Bayi usia 0 bulan perlu menyusu sekitar 8-12 kali dalam sehari. Berikut ini pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan.  ASI Memiliki Kandungan Antibodi ASI mengandung antibodi yang berada pada kolostrum. […]

Read More
Kesehatan

Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Vitamin B6 adalah vitamin yang termasuk dalam kategori vitamin larut air. Vitamin B6 berfungsi memecah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak sehingga tubuh mendapat nutrisi dan energi yang dibutuhkan. Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil.  Kebutuhan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil […]

Read More
Kesehatan

Mengenal Apa Itu Insomnia: Pengertian, Faktor Risiko, Gejala, hingga Langkah Pengobatannya

Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang dapat dialami seseorang. Seseorang dengan insomnia akan merasa sulit untuk tertidur, ataupun tidur nyenyak. Selain itu, seseorang yang mengalami insomnia sering tidak merasa segar ketika bangun tidur. Menurut (APA), insomnia merupakan gangguan di saat orang mengalami kesulitan tidur atau tidur dengan nyenyak dalam jangka waktu tertentu. Hal […]

Read More