Ketakutan MotoGP Alami Degradasi Pamor Tanpa Valentino Rossi dan Marc Marquez yang Asli

Mendung tebal tengah menyelimuti ajang balap MotoGP berkaitan dengan keputusan Valentino Rossi untuk pensiun di akhir kejuaraan MotoGP 2021. Menjadi teka teki siapa yang bakal menjadi pewaris yang nyata sepeninggal Valentino Rossi dalam olahraga MotoGP. Bahkan, kondisi diperparah dengan belum kembalinya Marc Marquez yang 'asli' seperti performa sebelum mengalami cedera.

Valentino Rossi telah mengumumkan beberapa wkatu yang lalu jelang MotoGP Styria bahwa MotoGP 2021 merupakan karier terakhirnya sebagai pembalap. Ia memutuskan untuk gantung helm setelah 25 tahun berkecimpung di balapan MotoGP. Situasi ini jelas bukan hal yang bagus bagi penyelenggaraan MotoGP. Mengingat Rossi dapat diibaratkan sebagai 'mercusuarnya' ajang balap Grand Prix roda dua ini.

Rossi bahkan dapat disebut sebagai penerang MotoGP baik di dalam dan luar lintasan balapan. Dalam analisis yang dituliskan , bahwa kepergian Rossi bakal memiliki imbas yang nyata pada kejuaraan. Entah itu dari gairah balapan hingga sudut pandang hiburan yang bakal mengalami kemerosotan.

Namun saat ini menjadi pertanyaan, siapa kira kira yang bisa menjadi penerus estafet MotoGP sepeninggal Valentino Rossi. Tentu saja nama utama adalah pembalap andalan Repsol Honda, Marc Marquez. Sejak ia turun ke kelas para raja tahun 2013, dominasinya sangatlah terasa. Tercatat hingga musim lalu, rdier berjuluk The Baby Alien itu sudah membukukan enam titel juara dunia.

Ketika Valentino Rossi mengalami penurunan performa, semarak MotoGP masih ada dengan kehadiran Marquez. The Baby Alien bahkan memiliki rivalitas yang tergolong sengit dengan The Doctor. Dalam beberapa musim terakhir, pergeseran perebutan titel juara berpindah ke Marc Marquez melawan Andrea Dovizioso.

Meskipun demikian, Valentino Rossi masih eksis kala itu. Namun saat ini hampir dikatakan lubang hitam menanti penyelenggaraan MotoGP. Pensiunnya Rossi, Andrea Dovizioso yang belum memiliki tim plus belum kembalinya Marquez yang asli membuat MotoGP dirasa sulit untuk menyamai pamornya yang gemilang dalam beberapa musim terakhir.

Degradasi pamor menjadi hal yang ditakutkan dari kehilangan sosok Valentino Rossi. Disamping itu, Marc Marquez diprediksi masih membutuhkan waktu yang lama untuk konsisten bersaing di grid depan dalam perburuan gelar juara dunia. Dapat dilihat dari dua musim terakhir MotoGP, tidak ada rider yang dapat dikatakan dominan dalam setiap seri.

Sejauh ini memang Fabio Quartararo menjadi favorit dalam perburuan titel juara dunia MotoGP 2021. Akan tetapi menjadi pertanyaan, seberapa lama ia akan bertahan dengan top performanya. Pembalap yang turun di kelas para raja merupakan rider dengan kualitas mumpuni dan tak perlu disangsikan kembali kemampuannya.

Namun hanya segelintir rider yang memiliki karisma maupun sisi menarik layaknya Rossi dan Marquez. Dorna Sports selaku pihak penyelenggara MotoGP pun sudah ancang ancang menyiapkan antisipasi akan kehilangan Rossi. Layak ditunggu bagaimana pamor MotoGP kedepannya jika Dovi tak kunjung mengaspal plus Marc Marquez yang asli tak segera pulih seperti sedia kala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sport

Ademnya Momen Kebersamaan The Daddies dan Soh Wooi Yik, Foto Selfie yang Berakhir di IG Story

Ada momen menarik selepas pertandingan perebutan medali perunggu ganda putra Olimpiade Tokyo yang melibatkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Perebutan medali perunggu tersebut mempertemukan Ahsan/Hendra dengan ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Sabtu (31/7/2021). Salah seorang pemain ganda Malaysia, Soh Wooi Yik, langsung bergerilya ke kubu The Daddies julukan Ahsan/Hendra. Rupanya, Soh ingin berofoto selfie dengan ganda […]

Read More