Pentingnya Pemberian ASI bagi Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan

Bayi berusia 0-6 bulan mempunyai saluran pencernaan yang masih dalam perkembangan. Maka dari itu, makanan terbaik untuk bayi usia tersebut adalah ASI. Bayi usia 0 bulan perlu menyusu sekitar 8-12 kali dalam sehari. Berikut ini pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan. 

  • ASI Memiliki Kandungan Antibodi

ASI mengandung antibodi yang berada pada kolostrum. Antibodi akan menjaga bayi dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan Imunoglobulin A (IgA) pada kolostrum berjumlah besar beserta antibodi pendukung lainnya. Saat seorang ibu terserang penyakit, IgA akan mulai diproduksi. 

Antibodi ini kemudian tercampur dengan ASI yang akhirnya akan diminum bayi saat menyusu. IgA akan membentuk lapisan pelindung di dalam beberapa organ seperti tenggorokan, hidung serta sistem pencernaan bayi. Bayi yang tidak menyusu lebih rentan terhadap penyakit.

  • Menaikkan Berat Badan Bayi

ASI membantu menaikkan berat badan bayi secara ideal artinya tidak akan menyebabkan obesitas. Sebuah penelitian memberikan hasil bahwa tingkat obesitas sekitar 15 hingga 30% lebih rendah pada bayi yang meminum ASI. Pemberian ASI setiap bulan dapat mengurangi resiko sebesar 4% di masa depannya. 

Menaikkan jumlah bakteri baik pada usus yang berpengaruh pada penimbunan lemak. Hormon Leptin yang berperan mengatur nafsu makan serta penimbunan lemak pada usus. Menyusu juga pola asupan ASI teratur secara alami. 

  •  Mencerdaskan Bayi

Kecerdasan bayi dimungkinkan pengaruh dari sentuhan fisik, kontak mata saat menyusui. Dipercaya mencegah timbulnya masalah perilaku serta pembelajaran seiring  pertambahan usia. Dampak yang paling terlihat pada bayi prematur yang mengalami masalah pada perkembangannya. 

  • Pemberian Vaksin Lebih Efektif

Kandungan antibodi alami pada ASI yang diminum bayi memberikan respon cepat saat divaksinasi. Vaksinasi dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit serius seperti komplikasi yang bisa menyebabkan kematian. Kinerja vaksin dalam menangkal penyakit jangka panjang menjadi lebih efektif pada bayi yang menyusui. 

Itulah alasan pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan. ASI banyak mempunyai kandungan protein dan lemak. Kandungan laktosa pada ASI dari seorang  ibu yang melahirkan prematur memiliki kandungan lebih rendah daripada ibu yang melahirkan dengan waktu normal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

Tahukah Anda Apa Itu Tulang Rawan? Ingin Mengetahui Jawabannya? Yuk, Segera Cek Infonya di SehatQ

Tulang rawan merupakan cikal bakal tubuh manusia. Di mana dalam perkembangannya akan menjadi tulang biasa. Terdapat pula bagian tubuh yang tetap bertahan, contohnya adalah daun telinga. Berbagai Jenis Tentang Tulang Rawan Tulang rawan merupakan sebuah jaringan penghubung yang sangat keras. Namun, lentur dan dapat Anda temukan pada anggota tubuh.  Contohnya adalah apabila Anda memegang hidung […]

Read More
Kesehatan

Kandungan yang Harus Ada dalam Sampo Anti Ketombe

Bingung memilih sampo anti ketombe yang mana? Sebelum memilih sampo, penting untuk mengetahui kandungan-kandungan yang ada dalam sampo tersebut. Terlebih untuk mengatasi ketombe, perlu sampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi mengatasi masalah tersebut. Berikut kandungan-kandungan yang harus ada dalam sampo agar bisa efektif mengatasi ketombe. 1. Zinc Pyrithione Salah satu bahan yang berperan dalam menjaga […]

Read More
Kesehatan

Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Vitamin B6 adalah vitamin yang termasuk dalam kategori vitamin larut air. Vitamin B6 berfungsi memecah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak sehingga tubuh mendapat nutrisi dan energi yang dibutuhkan. Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil.  Kebutuhan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil […]

Read More