Tahukah Anda Apa Itu Tulang Rawan? Ingin Mengetahui Jawabannya? Yuk, Segera Cek Infonya di SehatQ

Tulang rawan merupakan cikal bakal tubuh manusia. Di mana dalam perkembangannya akan menjadi tulang biasa. Terdapat pula bagian tubuh yang tetap bertahan, contohnya adalah daun telinga.

Berbagai Jenis Tentang Tulang Rawan

Tulang rawan merupakan sebuah jaringan penghubung yang sangat keras. Namun, lentur dan dapat Anda temukan pada anggota tubuh. 

Contohnya adalah apabila Anda memegang hidung di bagian ujung, kemudian telinga. Itulah contoh dari tekstur jaringan penghubung, yang  terdiri atas zat  dan bentuk gel serta air. 

Dalam ilmu kedokteran disebut sebagai matriks. Inilah beberapa jenis dari tulang rawan, yaitu:

Tulang  Hialin

Merupakan tulang rawan yang sering Anda jumpai pada tubuh. Di mana tulang ini dapat Anda temukan pada bagian trakea, laring dan hidung.

Jaringan yang mempunyai tekstur elastis dan lentur. Walaupun lentur, jaringan ini mampu menahan tekanan dan selain itu,  terdapat pula pada organ tubuh. T

ulang hialin dapat ditemukan pada permukaan sebagai lapisan persendian. Fungsi dari tulang ini, pengguna adalah sebagai bantalan atau biasa disebut tulang rawan articular. Tulang hialin walaupun mempunyai kolagen tetapi termasuk paling lemah diantara yang lain.

Tulang Elastis

Tulang elastis dapat ditemukan pada organ tubuh di area telinga dan dalam tenggorokan yang disebut dengan epiglotis. Hidung serta trakea pun juga masuk ke dalam kategori tulang elastis.

Dimana tulang yang terdiri dari matriks yang berserat kolagen series 2 dan elastis. Itulah mengapa, tampilan dari tulang ini sangatlah kenyal.

Tulang Fibrosa

Menisci merupakan jaringan khusus yang ada pada tubuh manusia. Tulang ini terletak di tulang belakang atau vertebrae.

Fungsi dari jaringan ini digunakan sebagai bantalan agar menghindari gesekan antar persendian, sebagai contoh, yaitu lutut.

Inilah jaringan yang paling kuat di antara tipe lainnya. Sebab jaringan ini, termasuk ke dalam serat berkolagen yang mempunyai ketebalan serta kekuatan.

Apakah Kegunaan dari tulang rawan

Tahukah Anda apakah kegunaan dari tulang rawan tersebut? Tulang yang sangat berguna agar terhindar dari timbulnya gesekan. 

Contoh telinga dan hidung, tulang ini sangat berguna sebagai pelindung dalam mencegah adanya tabrakan satu dengan yang lain. Apabila ini bermasalah maka dapat mengganggu kegunaan pada jaringan. Pada akhirnya,  akan dapat menimbulkan penyakit. Inilah beberapa informasi penyakit tersebut  yaitu :

PenyakitChondromalacia patellae

Pasien yang mengalami penyakit ini, biasanya akan mengalami nyeri lutut. Selain itu, pengguna penderita juga akan merasakan tubuh mengalami kondisi kerusakan serta pelunakan. 

Kerusakan tersebut, terdapat pada jaringan tulang rawan yang ada pada bawah tempurung lutut. Penderita yang akut akan mengalami kesakitan apabila tulang paha dan tulang lutut mengalami gesekan. 

Hal ini terjadi apabila pasien memakai lutut terlalu sering menggunakan lututnya. contohnya sering digunakan untuk melakukan olahraga yang berat. 

Penyakit Kostokondritis

Kondisi yang mengalami peradangan pada tulang rawan yang menyambungkan antara payudara. pasien akan mengalami seperti terkena serangan jantung.

Gejala lain yang ditimbulkan adalah adanya pembengkakan. Walaupun demikian, tidak ada gejala yang dapat dijadikan pedoman penyebab dari sakit kostokondritis. 

Terapi untuk mengobati penyakit ini adalah mengatasi agar pasien tidak mengalami sakit dan pasien pun harus mempunyai kondisi sehat, maka akan kembali pulih. 

Kostokondritis adalah kondisi yang bersifat permanen. Tentunya rasa sakit yang diderita pasien akan secara perlahan menghilang dengan berlalunya waktu. 

Penyakit Osteoarthritis

Tulang rawan selanjutnya adalah penyakit yang menyerang lutut, pinggul tulang belakang dan lengan. Ketika anda mengalami hal tersebut maka pasien akan merasakan pembengkakan hingga akhirnya persendian yang sulit untuk digerakkan.

Penyakit yang berhubungan dengan tulang rawan sulit untuk disembuhkan. Pasien hanya dapat menghindari agar tidak terasa sakit. Bagi Anda yang mengalami kebingungan, maka dapat berkonsultasi dengan dokter.

Sebab, saat ini terdapat sebuah website yang dapat berkonsultasi secara gratis. website tersebut adalah sehatQ, dimana memiliki layanan chat dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

Kandungan yang Harus Ada dalam Sampo Anti Ketombe

Bingung memilih sampo anti ketombe yang mana? Sebelum memilih sampo, penting untuk mengetahui kandungan-kandungan yang ada dalam sampo tersebut. Terlebih untuk mengatasi ketombe, perlu sampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi mengatasi masalah tersebut. Berikut kandungan-kandungan yang harus ada dalam sampo agar bisa efektif mengatasi ketombe. 1. Zinc Pyrithione Salah satu bahan yang berperan dalam menjaga […]

Read More
Kesehatan

Pentingnya Pemberian ASI bagi Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan

Bayi berusia 0-6 bulan mempunyai saluran pencernaan yang masih dalam perkembangan. Maka dari itu, makanan terbaik untuk bayi usia tersebut adalah ASI. Bayi usia 0 bulan perlu menyusu sekitar 8-12 kali dalam sehari. Berikut ini pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan.  ASI Memiliki Kandungan Antibodi ASI mengandung antibodi yang berada pada kolostrum. […]

Read More
Kesehatan

Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Vitamin B6 adalah vitamin yang termasuk dalam kategori vitamin larut air. Vitamin B6 berfungsi memecah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak sehingga tubuh mendapat nutrisi dan energi yang dibutuhkan. Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil.  Kebutuhan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil […]

Read More