Yuk Pelajari Sejarah Kemerdekaan Indonesia di Monas Jakarta

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan Monumen Nasional atau dikenal Monas di Jakarta. Monumen bersejarah ini sarat akan sejarah kemerdekaan Indonesia. Selain untuk menambah wawasan tentang sejarah, berlibur ke Monas juga bisa sangat menyenangkan. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Monas.

1. Pelataran Bawah

Pelataran Bawah merupakan salah satu dari tiga bagian monas. Bagian lainnya adalah Pelataran Puncak dan Lidah Api. Pelatan bawah atau juga disebut sebagai pelataran cawan memiliki luas mencapai 45×45 meter.

2. Pelataran Puncak

Kamu juga bisa naik ke bagian atas atau pelataran puncak yang memiliki luas 11×11 meter. Tersedia lift atau tangga yang dapat digunakan untuk naik dan turun ke pelataran puncak. Dari atas pelataran puncak kamu bisa melihat pemandangan Kota Jakarta.

3. Lidah Api

Yang terkenal di monas adalah lidah api, yaitu bangunan yang berbentuk kobaran api keemasan.  Lidah Api tersebut terbuat dari bahan perunggu dengan tinggi 17 meter, berdiameter 6 meter, dengan berat 14,5 ton. Pada bagian luarnya dilapisi dengan emas seberat 45 kilogram (kg) dan terdiri dari 77 bagian kemudian disatukan.

4. Museum Sejarah Perjuangan Nasional

Di dalam monas terdapat Museum Sejarah Perjuangan Nasional. Museum ini memiliki tinggi ruangan hingga delapan meter dengan luas 80×80 meter. Terdapat 12 diorama yang menceritakan berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia. Diorama tersebut menggambarkan sejarah Indonesia dari zaman kerajaan hingga peristiw G30S/PKI.

5. Taman Monas

Kamu juga bisa bersantai di taman monas. Kamu bisa menjelajahi taman yang luas dan sejuk di tengah kota Jakarta.

6. Patung Pahlawan

Wisata ini memang kaya akan ilmu sejarah, disini kamu juga bisa melihat patung dari para pahlawan Indonesia seperti patung Diponegoro, patung MH Thamrin, patung RA Kartini, dan lainnya. Ada juga patung penyair legendari di Indonesia, yaitu Chairil Anwar.

Patung Chairil Anwar berbahan perunggu dibuat oleh Arsono yang diresmikam pada 21 Maret 1986. Sedangkan patung-patung pahlawan RA Kartini merupakan pemberian dari pemerintah Jepang. Untuk patung Diponegoro merupakan pemberian pemerintah Italia. Patung MH Thamrin dibuat oleh seniman yang sama dengan pembuat patuh Chairil Anwar, yaitu Arsono.

 

Bagi kamu yang hendak ke Jakarta, bisa menggunakan transportasi bus sebagai salah satu alternatif transportasi. Kamu bisa beli tiket bus online di Pegipegi melalui smartphone dimanapun dan kapanpun. Kemudahan membeli tiket bus di Pegipegi bisa menghemat waktumu karena tidak perlu datang untuk mengantri. Kamu juga bisa memilih agen bus yang diinginkan serta jadwal dan destinasi yang diinginkan.

Nikamti berlibur di wahana liburan terpopuler di Jakarta lainnya bersama Pegipegi, teman berlibur kamu. Segala kebutuhan akomodasi untuk berlibur sudah tersedia di aplikasi Pegipegi seperti tiket bus, travel, shuttle, transportasi lainnya, hingga hotel.

 

sumber : https://travel.kompas.com/read/2022/07/07/071000027/11-wisata-di-monas-bisa-lihat-diorama-dan-nikmati-panorama-jakarta?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Travel

Nikmati Pesona Taman Bawah Laut di Pulau Pari

Pulau yang tidak asing lagi bagi para penyelam, Pulau Pari adalah pulau yang menyimpan berbagai macam keindahan yang sangat luar biasa. Pulau yang berada di Kepulauan Seribu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin istirahat sejenak dari hiruk-pikuk Ibukota.   Pulau unik ini dinamakan Pulau Pari karena dahulu laut ini menjadi habitat ikan pari. Pemandangan […]

Read More