Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Vitamin B6 adalah vitamin yang termasuk dalam kategori vitamin larut air. Vitamin B6 berfungsi memecah protein menjadi asam amino serta mencerna karbohidrat dan lemak sehingga tubuh mendapat nutrisi dan energi yang dibutuhkan. Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu hamil. 

Kebutuhan Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan vitamin B6 sekitar 1,8 –  2 mg per hari. Adapun vitamin B6 bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti: 

  • Biji-bijian: biji bunga matahari, wijen, biji rami (flaxseed).
  • Buah-buahan: pisang, labu, plum, semangka, dan alpukat.
  • Ikan, daging, dan hati sapi.
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, kacang kedelai, kacang arab (chickpea), dan kacang mete.
  • Sayuran: daun kelor, bayam, kentang, dan bawang.

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

1. Meredakan mual

Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yang pertama yaitu mengurangi rasa mual akibat morning sickness. Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang sangat umum pada ibu hamil. Keluhan ini biasanya dirasakan saat trimester pertama, namun ibu hamil di pertengahan trimester kedua atau ketiga juga dapat mengalami ini.

2. Menunjang pertumbuhan otak dan saraf janin

Vitamin B6 tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, tetapi juga berperan besar dalam pembentukan dan perkembangan otak dan saraf janin. Dengan memenuhi suplai vitamin B6 yang cukup, kemungkinan janin tumbuh dan berkembang secara normal akan lebih baik dan dengan sedikit gangguan perkembangan.

3. Mencegah janin lahir dengan berat badan rendah

Berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan suatu kondisi di mana bayi lahir dengan berat badan kurang dari 2,5 kg. BBLR termasuk salah satu penyebab utama masalah kesehatan pada bayi. Malnutrisi atau kekurangan gizi selama kehamilan termasuk vitamin B6 adalah salah satu faktor yang mempengaruhi BBLR. 

4. Menjaga kadar gula darah

Mengkonsumsi vitamin B6 juga bisa menjaga kadar gula darah tetap normal. Apalagi bagi ibu hamil dengan diabetes gestasional yang dapat membantu mengontrol dan mencegah kenaikan gula darah. Inilah manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil dan juga janin. Penuhi kebutuhan vitamin B6 dan juga berbagai nutrisi penting lainnya untuk ibu hamil dan janin dari Lactamil Pregnasis.

Deskripsi : manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil yaitu mengurangi mual, mendukung pertumbuhan otak anak, dll. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

Pentingnya Pemberian ASI bagi Pertumbuhan Bayi Usia 0-6 Bulan

Bayi berusia 0-6 bulan mempunyai saluran pencernaan yang masih dalam perkembangan. Maka dari itu, makanan terbaik untuk bayi usia tersebut adalah ASI. Bayi usia 0 bulan perlu menyusu sekitar 8-12 kali dalam sehari. Berikut ini pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan.  ASI Memiliki Kandungan Antibodi ASI mengandung antibodi yang berada pada kolostrum. […]

Read More
Kesehatan

Mengenal Apa Itu Insomnia: Pengertian, Faktor Risiko, Gejala, hingga Langkah Pengobatannya

Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang dapat dialami seseorang. Seseorang dengan insomnia akan merasa sulit untuk tertidur, ataupun tidur nyenyak. Selain itu, seseorang yang mengalami insomnia sering tidak merasa segar ketika bangun tidur. Menurut (APA), insomnia merupakan gangguan di saat orang mengalami kesulitan tidur atau tidur dengan nyenyak dalam jangka waktu tertentu. Hal […]

Read More