UNESCO Nobatkan Jakarta Jadi Kota Sastra, INAYES: Indonesia Harus Bangga

Provinsi DKI Jakarta terpilih sebagai Kota Sastra Dunia. Hal tersebut diumumkan UNESCO melalui laman resminya pada 8 November 2021. Jakarta jadi satu satunya kota di Indonesia yang sejajar dengan 49 kota lain di dunia.

Pemilihan Jakarta berdasarkan kategori kota yang punya sejarah panjang dan berpotensi besar dalam peningkatan, pengembangan sastra, dan literasi. Ketua DPP Bidang Olahraga Pendidikan dan Sosial Indonesia Youth Economic and Society (INAYES), Miranti Laksmono mengaku bangga atas terpilihnya Jakarta. "Kami ikut bangga atas pemilihan UNESCO ini. Sebagai sebuah kota, Jakarta ini harus dibangun, dirawat dan dijaga," ujar Miranti dalam keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).

Ia mengatakan anak muda dan kaum milenial Jakarta harus menjadikan momentum ini untuk menjaga pembangunan di ibu kota. Menurut dia, kebanggaan atas terpilihnya Jakarta sebagai Kota Sastra harus turut dirasakan semua masyarakat Indonesia. Lantaran Jakarta bukan milik golongan tertentu saja.

"Kami di INAYES akan terus memperjuangkan dan meningkatkan lagi minat baca kepada anak anak muda karena prestasi hari ini bukan untuk semata mata dinikmati dan diapresiasi saja hari ini, tetapi ada tanggung jawab dari kita untuk terus mempertahankan setiap waktu dan setiap tahunnya," kata dia. Miranti menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga telah membuat program yang menyediakan fasilitas baca gratis di sejumlah titik ibu kota. Infrastruktur yang dibangun Pemprov DKI disebut jadi wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas manusia.

Terlebih Jakarta punya sejarah panjang soal literasi sejak periode kerajaan dan kolonial di awal kemerdekaan Indonesia. "Jadi semestinya kita semua ikut bangga dengan dipilihnya Jakarta sebagai Kota Sastra Dunia oleh UNESCO, Karena dengan adanya itu secara tidak langsung Jakarta sudah sangat mendunia," kata Miranti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Metropolitan

Polisi Wacanakan Ganjil Genap Jakarta akan Kembali Diberlakukan di 25 Ruas Jalan ini

Seiring meningkatnya tingkat kemacetan akibat mobilitas kendaraan yang cenderung meningkat, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempertimbangkan memberlakukan aturan ganjil genap pada 25 titik jalan di kawasan Jakarta. Pemberlakuan ganjil genap 25 titik jalan itu disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Ganjil Genap. Meski begitu, pemberlakuan gage akan dilakukan […]

Read More
Metropolitan

Mobil Ringsek Tertimpa Plang Ruko yang Patah di Kompleks Ruko Saladin, Margonda

Kota Depok dilanda hujan deras disertai angin puting beliung sejak Selasa sore pukul 17.00 WIB. Di Jalan Raya Margonda, sejumlah pohon terpantau tumbang akibat kencangnya angin tersebut. Hujan dan angin puting beliung ini juga menyebabkan atap sejumlah rumah terbang terbawa angin, dan menimbulkan kepanikan. "Panik banget saya lagi kerja tiba tiba mati lampu dan angin […]

Read More
Metropolitan

Ini Penyebab Hujan Es Landa Kota Bekasi Sore Tadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena hujan es di Kota Bekasi imbas dari periode peralihan cuaca. Koordinator Sub Bidang Peringatan Dini BMKG Agie Wandala mengatakan, hujan es di sejumlah wilayah di Bekasi terjadi Rabu (14/4/2021) antara pukul 14.00 15.00 WIB. "Kami memonitor terjadi hujan es di Bekasi, dan juga hujan lebat di area […]

Read More