Yuk, Ketahui Cara Mudah Merawat Aki Mobil

Membeli mobil dengan mengambil cicilan mobil Pajero atau mobil jenis lainnya memang menguntungkan. Lantaran, pembeli bisa membawa pulang mobilnya tanpa perlu menyiapkan dana seharga mobil. Meski menguntungkan, sebagai pemilik mobil, pembeli wajib untuk mengetahui cara merawat aki karena tanpa aki mobil tentu tidak bisa dinyalakan.

Lantas, bagaimanakah cara merawat aki pada mobil? Yuk, cek caranya!

  1. Cek beban aki

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek beban dari penggunaan aki mobil. Tentunya, mobil yang sering digunakan akan memiliki beban aki yang berbeda dengan mobil yang jarang digunakan. Oleh karena itu, Anda bisa memastikan apakah penggunaan aki mobil mengalami overload atau berada dalam kondisi normal. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kesehatan aki sehingga tidak cepat tekor.

  1. Bersihan aki secara rutin

Selanjutnya,  bersihkan aki mobil secara rutin. Entah itu, sebulan sekali atau dua bulan sekali. Pembersihan aki ini bisa dilakukan secara mandiri atau membawa ke bengkel terdekat. Jika membawanya ke bengkel, pastikan mengecek keseluruhan bagian aki mobil agar kinerja mobil semakin optimal.

  1. Perhatikan ketersediaan listrik aki

Selain itu, Anda juga perlu memastikan ketersediaan listrik pada aki mobil masih cukup atau tidak. Hal ini bertujuan supaya aki tidak cepat aus atau soak saat digunakan dalam jangka panjang.

  1. Lepaskan kabel aki saat tidak digunakan

Alangkah baiknya jika melepaskan kabel aki mobil saat tidak digunakan. Hal ini bertujuan agar aliran listrik tidak terhubung secara terus-menerus pada aki. Dan tidak mempercepat kerusakan pada aki atau bahkan membuat aki soak atau tekor.

Itulah dia beberapa cara mudah merawat aki mobil yang perlu untuk diketahui. Tentunya dalam melakukan perawatan pada mobil kesayangan, entah itu bagian aki maupun komponen lainnya, maka Anda perlu kehati-hatian dan loyalitas agar seluruh komponen mobil terjaga dengan baik dan tetap awet.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk rutin merawat aki mobil agar mobil tetap dalam kondisi prima dan tidak cepat rusak, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Otomotif

Veloz Bisa Di Dapatkan Dengan Harga Yang Fantastis!

Jika Anda membutuhkan MPV untuk keluarga Anda, Avanza Veloz adalah jawabannya. Anda juga tidak akan merasa bosan saat berada di dalamnya. Sebab, ada banyak fitur menarik yang memanjakan Anda dan keluarga. Mobil toyota Veloz 2021 memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni, memiliki kesan sporty dan mewah. Kecanggihan fitur-fiturnya akan membuat Anda tertarik dengan mobil ini. Veloz […]

Read More
Otomotif

All New BR-V Dijual dalam Empat Varian dan 5 Warna, Ini Rincian Lengkap Fitur-fitur Pembedanya

PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New BR V ke pasar Indonesia dengan harga mulai dari Rp 260 jutaan. Kendaraan low SUV 7 seater ini merupakan BR V generasi kedua setelah BR V generasi pertama diperkenalkan pertama kali ke pasar Indonesia di 2015. HPM akan mulai resmi menjual All New BR V ini […]

Read More